Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)
Ada kesalahan di dalam gadget ini

The Daily Puppy

Rabu, 18 Mei 2011

TAHAPAN GLIKOLISIS

 
Glikolisis merupakan proses pengubahan molekul sumber energi. Yang diubah adalah glukosa yang memiliki 6 atom C menjadi senyawa asam piruvat yang memiliki 3 atom C. Proses glikolisis berlangsung dalam sitoplasma secara anaerob.

TAHAP 1
Molekul glukosa memasuki sel. Ketika melewati membran sel, glukosa mengalami fosforilasi dengan adanya penambahan ATP menjadi glukosa-6-fosfat. Glukosa yang mengikat fosfat dinamakan glukosa aktif atau glukosa reaktif. Pada tahap ini diperlukan 1 ATP.
TAHAP 2
Glukosa-6-fosfat mengalami perubahan susunan molekul (isomerisasi) menjadi fruktosa-6-fosfat.

TAHAP 3
Penggunaan 1 ATP menghasilkan fruktosa-1,6-difosfat.
 TAHAP 4
Fruktosa difosfat aldolase memecah fruktosa 1,6 difosfat menjadi gliseraldehid-3-fosfat dan dihidroksi aseton fosfat.
TAHAP 5
Terjadi reaksi kesetimbangan antara gliseeraldehid-3-fosfat dan hidroksi aseton fosfat.
TAHAP 6
Pada reaksi pengubahan gliseraldehid-3-fosfat menjadi 1,3-difsfogliserat, terjadi oksidasi dengan adanya transfer H kepada NAD menjadi NADH. Senyawa fosfat berasal dari senyawa anorganik H3PO4 yang kandungan energinya rendah. NADH yang terbentuk sebanyak 2 molekul.
TAHAP 7
Terjadi transfer fosfat kepada ADP dari 1,3-difosfogliserat sehingga terbentuk ATP dan 3-fosfogliserat. ATP yang terbentuk sebanyak 2 molekul.
TAHAP 8
Terjadi perubahan 3-fosfogliserat menjadi 2-fosfogliserat.
TAHAP 9
2-fosfogliserat diubah menjadi fosfoenolpiruvat.
TAHAP 10
Tarjadi transfer fosfat dari fosfoenolpiruvat kepada ADP sehingga dihasilkan ATP. Pada tahap ini, fosfoenolpiruvat berubah menjadi asam piruvat. Pada tahap ini, terbentuk 2 molekul ATP.

Secara singkat:
Glukosa       anaerob      Asam piruvat + energi

1 komentar: