Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)
Ada kesalahan di dalam gadget ini

The Daily Puppy

Rabu, 14 Maret 2012

Rangkuman Materi Koloid


1.       Dispersi adalah penyebaran secara merata zat terdispersi ke dalam medium pendispersi. Sistem dispersi terbagi menjadi larutan, koloid, dan suspensi.
2.       Terdapat delapan jenis sistem koloid yang terbentuk dari kombinasi tiga wujud zat yang ada; padat, cair, gas. Pencampuran fase gas dengan fase gas tidak membentuk koloid.
3.       Gerak Brown adalah gerakan acak (gerak zig-zag) partikel koloid karena benturan dengan medium pendispersinya.
4.       Efek Tyndall adalah efek penghamburan cahaya oleh partikel koloid.
5.       Adsorbsi adalah kemampuan partikel koloid untuk menyerap ion sehingga ion tersebut menempel pada permukaan koloid. Akibatnya, partikel koloid tersebut menjadi bermuatan yang sesuai dengan ion yang diadsorbsi.
6.       Koloid Iofil adalah partikel koloid yang menyukai medium pendispersinya. Koloid Iofob adalah partikel koloid yang tidak menyukai medium pendispersinya.
7.       Pada proses elektroforesis terjadi pergerakan partikel koloid karena dialiri arus listrik. Koloid yang bermuatan negatif akan terkumpul pada elektrode positif, begitu pula sebaliknya.
8.       Koagulasi adalah penggumpalan partikel koloid akibat adanya pemanasan, penambahan elektrolit, pencampuran elektrolit yang berbeda muatan, atau karena proses elektoforesis.
9.       Dialisis adalah proses penyaringan atau pemurnian partikel koloid dari ion atau molekul yang teradsorbsi.
10.   Pembuatan koloid dapat dilakukan dengan cara kondensasi dan cara dispersi. Cara kondensasi melalui reaksi redoks, hidrolisis, penggaraman, atau penjenuhan pelarut. Cara dispersi melalui cara mekanik, busur Bredig, peptisasi, atau homogenisasi

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar