Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Senin, 09 Agustus 2010

EKONOMI-kelas X-ekonomi makro mikro

Lahirnya ilmu ekonomi makro diawali dengan munculnya buku karangan John Maynard Keynes yang berjudul The General Theory of Employment, Interest, and Money. Buku ini merupakan landasan teori ekonomi makro yang digunakan sampai sekarang. Dalam buku tersebut, Keynes berpendapat bahwa pengangguran dapat terjadi dan dapat berlangsung dalam waktu yang tidak terbatas.

Ekonomi makro merupakan cabang ilmu ekonomi yang membahas perekonomian secara keseluruhan (agregat). Jika dalam ekonomi mikro dibahas tentang perilaku individu rumah tangga, maka dalam ekonomi makro dibahas perilaku semua rumah tangga yang ada dalam perekonomian. Demikian juga, ekonomi makro membahas perilaku seluruh perusahaan yang terdapat dalam suatu perekonomian.

Selain itu, ekonomi makro juga membahas masalah-masalah kehidupan ekonomi nasional seperti pendapatan nasional, pengeluaran masyarakat, investasi, tingkat harga, kesempatan kerja dan pengangguran, uang beredar, serta perdagangan internasional.

Aspek-aspek dalam ekonomi makro fokusnya adalah pelaku ekonomi secara keseluruhan. Aspek-aspeknya yaitu:

a. Inflasi

Inflasi adalah gejala kenaikan harga secara umum dan terus menerus. Gejala inflasi ditunjukkan dengan terjadinya kelebihan permintaan di tingkat makro. Artinya hampir seluruh industri dalam perekonomian mengalami kelebihan permintaan sehingga menyebabkan kenaikan harga.

b. Pertumbuhan Output

Pertumbuhan output dapat diamati dari jumlah output yang dihasilkan dari waktu ke waktu. Banyak faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan output sehingga kinerja perekonomian bisa mengalami pasang surut atau berfluktuasi. Perekonomian suatu negara kadang-kadang menunjukkan kinerja yang baik, namun lain waktu mengalami penurunan, kemudian membaik lagi, mencapai puncak, turun lagi, dan seterusnya.

c. Pengangguran

Pengangguran adalah angkatan kerja yang tidak mendapatkan pekerjaan karena kesempatan kerja yang tersedia terbatas. Angka pengangguran yang tinggi menyebabkan terjadinya krisis sosial dan penurunan ekonomi.

d. Interaksi dengan Perekonomian Dunia

Sekarang ini tidak ada satupun negara yang dapat berdiri sendiri dalam upaya menyejahterakan rakyatnya. Setiap negara pasti membutuhkan negara lain dalam kegiatan ekonominya. Karena itulah kerja sama ekonomi internasional terutama dalam hal perdagangan harus dilakukan. Dalam analisis makro, dibahas apakah kerja sama tersebut menguntungkan atau merugikan.

e. Peranan Pemerintah

Dalam ekonomi makro peranan pemerintah menjadi salah satu aspek pembahasan yang cukup penting. Pembahasan ini difokuskan pada berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah dalam kegiatan ekonominya.




Ekonomi mikro merupakan salah satu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis bagian-bagian kecil dari keseluruhan kegiatan perekonomian. Teori ekonomi mikro ini mempelajari kegiatan-kegiatan ekonomi dan unit-unit ekonomi individual, yaitu individu sebagai konsumen, individu sebagai produsen, maupun individu sebagai pemilik faktor produksi. Pembahasan ekonomi mikro menitikberatkan pada perilaku individu ekonomi rumah tangga, perusahaan, dan pasar. Dalam ekonomi mikro dipelajari secara khusus bagian-bagian yang kecil seperti keputusan produsen dan konsumen, terbentuknya harga barang dan jasa serta faktor produksi di pasar, serta alokasi sumber-sumber daya ekonomi.

Aspek-aspek yang dibahas dalam ekonomi mikro adalah sebagai berikut:

a. Interaksi di Pasar Barang

Pasar merupakan suatu institusi, yang tidak harus berwujud secara fisik, yang mempertemukan penjual dan pembeli suatu barang. Dalam pasar ini, penjual dan pembeli akan berinteraksi untuk menentukan tingkat harga barang dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Contoh pasar barang adalah pasar kain, pasar mobil, pasar kopi, dan lain sebagainya.

b. Interaksi di Pasar Faktor Produksi

Selain di pasar barang, ekonomi mikro juga menganalisis interaksi penjual dan pembeli di pasar faktor produksi atau pasar input. Dalam interaksi penjual dan pembeli di pasar faktor produksi akan terbentuk harga dan banyaknya faktor produksi yang akan digunakan.



c. Tingkah Laku Produsen dan Konsumen

Aspek penting dalam ekonomi mikro adalah pembahasan mengenai tingkah laku produsen (penjual) dan konsumen (pembeli). Dalam ekonomi mikro ditunjukkan bahwa bagaimana seorang pembeli menggunakan pendapatannya untuk membeli barang dan jasa. Di sisi lain juga dibahas bagaimana penjual menentukan tingkat produksi yang dilakukannya. Dalam tingkah laku produsen dan konsumen tersebut juga dibahas bagaimana pengalokasian sumber daya yang terbatas agar efektif dan efisien.

d. Pelaku-pelaku Ekonomi Mikro

Pelaku ekonomi mikro dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1) Individu rumah tangga

Bagi individu rumah tangga, ekonomi mikro memberikan suatu metode untuk mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki agar dapat dimanfaatkan secara efisien. Misalnya, seseorang yang memiliki anggaran tertentu untuk membeli barang. Dalam ekonomi mikro tersedia metode untuk menentukan barang apa yang dibeli dan berapa banyak agar orang tersebut dapat memperoleh kepuasan paling tinggi.

2) Perusahaan

Setiap perusahaan akan mengelola sumber daya yang dimiliki dalam memproduksi barang dan jasa. Ekonomi mikro menyediakan metode agar perusahaan tersebut dapat memperoleh keuntungan maksimum. Ekonomi mikro member solusi bagi perusahaan dalam mengambil kebijaksanaan yang berkaitan dengan harga, jumlah barang, dan pasar yang mereka masuki. Perusahaan disini termasuk perusahaan skala besar maupun usaha kecil.

1 komentar: