Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)
Ada kesalahan di dalam gadget ini

The Daily Puppy

Senin, 09 Agustus 2010

KOMPUTER-KELAS X

Cara Mudah Instal OS Windows Vista

Saat ini, OS (Operating System) yang biasa diinstal dan digunakan adalah Windows XP atau Windows Vista meskipun ada juga yang memakai Linux dan Macintosh. Dengan menginstal OS berarti memasukkan atau memberikan sistem operasi sebagai dasar mutlak agar dapat mengoperasikan komputer sesuai dengan fungsinya.
Cara penginstalan OS Microsoft Windows Vista terbilang cukup mudah jika dibandingkan dengan seri Windows 95, 98, Me dan Windows XP.
Namun, jika masih ada yang bingung untuk langkah-langkah penginstalan OS Windows Vista /takut salah, berikut ini proses langkah mudahnya :

1. Siapkan CD sistem operasi Windows Vista Home Original beserta nomor serinya.
2. Persiapkan semua driver setiap komponen yang ada di dalam komputer, misalnya driver motherboard, kartu grafis, LAN card, sound card, dll.
3. Lakukan konfigurasi setting setup BIOS untuk mengubah sistem drive awal booting pada komputer dengan cara mengubah 1st Boot Drive menjadi CD Room yang terdapat pada menu BIOS Features Setup. Pastikan pilih menu save dan exit setup untuk menyimpan perubahan konfigurasi yang sudah dilakukan.
4. Masukkan CD Windows Vista ke CD-Rom. Restart komputer tsb.

Proses Penginstalan Windows Vista
Saat CD OS mulai bekerja, GUI Windows Vista akan tampil di layar saat windows mengenal dan menonfigurasikan semua hardware yang digunakan oleh komputer.
a. Di halaman pertama, windows vista akan menanyakan bahasa yang ingin digunakan untuk windows beserta waktu, mata uang, dan lay out keyboard yang akan digunakan. Pastikan pilihan opsi [Indonesia] untuk menu drop down time and currency format dan keyboard atau input lay out. Opsi [English] untuk language to install harus dipilih karena versi bahasa indonesia belum tersedia. Lanjutkan dengan klik [Next].
b. Pilih dan klik tombol [Install now] untuk memulai proses instalasi.
c. Masukkan Product Key dari Windows Vista yang digunakan untuk instalasi OS ini. Kode produk ini biasanya terdapat pada bagian belakang boks CD atau DVD. Beri cek di depan opsi [Automatically activate Windows when i'm online]. Klik tombol [Next].
d. Terdapat jendela license terms. Beri cek [I accept the license terms]. Klik [Next].
e. Sekarang, kamu diberi pilihan instalasi windows dgn 2 pilihan, yaitu Upgrade dan Custom. Karena proses instalasi merupakan yang pertama kali dikomputer, klik [Custom Advanced].
f. Selanjutnya, akan diberi pilihan untuk memilih partisi harddisk yang akan digunakan untuk menginstalnya. Jika ingin memformat suatu partisi, pilih partisi tsb dgn kursor mouse, lalu klik opsi [Drive option (Advanced)] dan klik [Format]. Di opsi [Drive option (Advanced)] terdapat menu untuk membuat atau menghapus partisi pada harddisk. Klik [Next].
g. Proses instalasi berlangsung agak lama, tergantung pada spesifikasi komponen komputer yang digunakan.
h. Setelah selesai, saatnya membuat user name untuk pertama kalinya.
i. Di jendela selanjutnya, buat nama komputer dan pemilihan wallpaper yang diinginkan oleh pengguna komputer. Lalu klik [Next].
j. Di jendela ini, langkah untuk menentukan tingkat keamanan Windows Vista yang digunakan sesuai keinginan pengguna komputer. Sebaiknya pilih [User recommended settings]
k. Jendela terakhir, digunakan untuk mengatur dan menentukan zona waktu, hari, tanggal dan waktu. Gunakan GMT +7 bagi yang berada di zona waktu Indonesia Barat, GMT +8 Indonesia Tengah, GMT +9 Indonesia Timur. Untuk tanggal dan jam, masukkan waktu teraktual diikuti klik [Next].
l. Selamat. Terdapat ucapan Thank you. Klik tombol [Start] untuk memulai menjalankan aplikasi windows vista.
m. Windows akan memeriksa konfigurasi sistem komputer. Proses ini membutuhkan waktu beberapa menit.
n. Setelah konfigurasi selesai, Vista meminta password yang telah dibuat pada saat proses penginstalan pada langkah
h. Setelah password diterima oleh vista dengan benar, windows vista sudah menjadi sistem operasi dalam komputer.

Proses Instalasi Windows Vista

Seperti halnya Windows XP aau Windows versi lainnya, proses instalasinya sangat mudah. Begitu juga dengan Windows Vista. Proses instalasi Windows Vista jauh lebih mudah. Pada proses instalasi ini Anda bisa langsung melakukan boot dari DVD dan langsung memformat harddisk Anda, kemudian proses instalasi terus dilaksanakan. Anda juga bisa dengan cara mengupgrade apabila sebelumnya sudah menggunakan Windows versi sebelumnya, misalnya Windows XP Professional.

Kalau proses instalasi dengan cara mengupgrade maka setelah Anda memasukkan master Windows Vista ke dalam drive DVD atau CD, maka segera tampil pilihan untuk melakukan instalasi. Dalam hal ini Anda tinggal menekan tombol Install Now.

Selanjutnya dari tayangan tersebut Anda tinggal menunggu sehingga proses instalasi langsung dilaksanakan. Pada saat instalasi ini Anda hanya sesekali menekan tombol Next dan memasukkan CD-Key yang Anda miliki. Setelah proses instalasi selesai Anda diminta untuk melakukan activasi melalui Internet. Setelah melakukan activasi Windows Vista sudah siap digunakan.

Menjalankan WIndows Vista

Untuk memulai Microsoft Windows Vista tekan tombol power di komputer dan di monitor. Setelah itu biarkan program bekerja. Tampilan awal sebelum Anda melakukan perubahan, Windows Vista akan menampilkan Welcome Center. Tampilan ini menjelaskan dan menampilkan hardware dan system yang Anda gunakan. Selain itu pada tampilan ini menampilkan fasilitas apabila Anda akan menambah hardware baru berupa Setup Device, fasilitas untuk menambah Account baru dan fasilitas untuk Transfer file dan setting.

  1. Untuk mengetahui beberapa fasilitas yang disediakan Microsoft Windows Vista terutama yang berhubungan dengan multimedia Anda bisa menjalankan Media Center. Langkah yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  2. Klik Start

  3. Klik Media Center

  4. Klik Next untuk melanjutkan setup Media Center

  5. Klik lagi Next

  6. Kalau computer Anda memiliki koneksi Wireles Anda piloih Yes, tetapi kalau tidak pilih No lalu klik Next untuk melanjutkan

  7. Pada tampilan Internet Connection dan "Always on" Internet Connection" Anda pilih Yes atau No tergantung koneksi Internet yang Anda gunakan

  8. Klik Next untuk melanjutkan

  9. Pilih salah satu koneksi yang tampil, misalnya Internet, Internet Media Center atau lainnya

  10. Klik Next untuk melanjutkan

  11. Pada tampilan Enter Your DialUp Password, maskkan password Anda di kolom password, misalnya admin001

  12. Ketikkan sekali lagi password Anda, mialnya admin001

  13. Klik Next untuk melanjutkan

  14. Klik Test untuk mencoba sambungan koneksi. Jika tidak ada, tidak perlu dilakukan

Catatan: Untuk memanfaatkan fasilitas ini sebaiknya computer Anda terkoneksi ke jaringan Internet. Namun demikian Anda juga tetap bisa memanfaatkan fasilitas ini walaupun tidak terkoneksi hanya sangat terbatas.

  1. Jika komputer Anda tidak terkoneksi ke jaringan Internet,maka akan tampil pernyataan DialUp failed.

  2. Klik saja Next untuk melanjutkan

  3. Klik lagi Next

  4. Kemudian pada tampilan Help Improve Media Center Anda pilih No Thank You, lalu klik Next lagi

  5. Klik Yes

  6. Klik Next, dan klik Next lagi

  7. Klik I'm finished dan klik Next

  8. Lalu klik Finish untuk mengakhirinya

Mengakhiri Windows Vista

Untuk mengakhiri Microsoft Windows Vista prosedur yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Klik Start.

  2. Klik salah satu pilihan yang tersedia

  3. Dalam keadaan ini ada tiga pilihan yang akan ditampilkan program, Switch User, Log Off, Lock, Shut Down dan Restart


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar