Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Senin, 14 Februari 2011

Pengaruh Luas Permukaan terhadap Laju Reaksi



A. Tujuan
Untuk menyelidiki pengaruh luas permukaan sentuhan terhadap laju reaksi pada reaksi antara pualam dengan asam klorida,
CaCO3(s) + 2HCl(aq) CaCl2(aq) + H2O(l) + CO2(g)
B. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
Ukuran/Satuan
Jumlah
Tabung Reaksi

2
Rak Tabung Reaksi

1
Pipa salur gas

1
Sumbat gabus/karet

1
Silinder ukur
50 mL
1
Bejana Air

1
Statif dan Klem

1
Stopwatch

1
Pualam

2 gram
Asam Klorida
2 M
  • 20 mL

C. Cara Kerja
1. Isilah silinder ukur dengan air hingga penuh (sedikit melimpah), tutup dengan sehelai kertas saring lalu balikkan ke dalam sebuah bejana berisi air (lihat gambar). Ketika membalik silinder ukur, tidak boleh ada gelembung yang masug ke dalam silinder.
2. Masukkan 10 mL larutan HCl 2 M ke dalam tabung rreaksi. Tambahkan 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir. Tampung gas yang terjadi dalam silinder ukur seperti gambar di bawah.
3. Catat waktu yang diperlukan untuk menampung 20 mL gas.
4. Ulangi prosedur di atas tetapi menggunakan butir-butir pualam sebesar jagung.

D. Hasil Pengamatan
Waktu untuk menampung 20 mL gas:
Butir pualam sebesar pasir : 35 detik
Butir pualam sebesar jagung: 52 detik

E. Pertanyaan
1. Manakah yang lebih cepat untuk memperoleh 20 mL gas, 1 gram pualam sebesar jagung atau 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir?
2. Manakah yang mempunyai permukaan lebih luas, 1 gram pualam sebesar jagung atau 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir? Jelaskan.
3. Reaksi antara pualam dengan larutan HCl berlangsung pada permukaan pualam. Bagaimanakah hubungan antara luas permukaan sentuhan dengnan laju reaksi? Jelaskan.

F. Jawaban
1. 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir.
2. 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir. Karena pada serbuk bagian-bagian permukaannya yang dapat tersentuh dalam reaksi jauh lebih banyak daripada bentuk padatan sebesar jagung.
3. Semakin luas permukaan sentuh suatu benda, laju reaksi yang berlangsung akan semakin cepat. Hal ini dikarenakan semakin banyak tumbukan partikel yang terjadi sehingga menyebabkan reaksi semakin cepat berlangsung.

G. Kesimpulan
1. Semakin luas permukaan sentuh suatu benda, laju reaksi yang berlangsung akan semakin cepat.
2. Semakin luas permukaan sentuh suatu benda, semakin banyak tumbukan partikel yang terjadi, reaksi pun semakin cepat berlangsung.
3. 1 gram butir-butir pualam sebesar pasir memiliki luas permukaan sentuh yang lebih besar daripada 1 gram butir pualam sebesar jagung.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar