Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Senin, 14 Februari 2011

Pengaruh Suhu Permukaan terhadap Laju Reaksi

A. Tujuan
Untuk menyelidiki pengaruh suhu terhadap laju reaksi pada reaksi larutan natrium tiosulfat dengan asam klorida,
Na2S2O3(aq) + 2HCl 2NaCl(aq) + H2O(l) + S(s)
B. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan
Ukuran/Satuan
Jumlah
Gelas Kimia
100 mL
2
Alat Pembakar

1
Kaki Tiga dan Kasa

1/1
Stopwatch

1
Termometer

1
Larutan Natrium Tiosulfat
0,2 M
100 mL
Larutan Asam Klorida
2 M
10 mL

C. Cara Kerja
1. Buatlah tanda silang pada sehelai kertas.
2. Masukkan 50 mL larutan Na2S2O3 0,2 M ke dalam gelas kimia. Letakkan gelas kimia itu di atas kertas bertanda silang. Ukur suhu larutan dan catat. Tambahkan 5 mL larutan HCl 2 M. Ukur dan catat waktu yang dibutuhkan sejak penambahan larutan HCl sampai tanda silang tidak terlihat lagi.
3 Masukkan 50 mL larutan Na2S2O3 0,2 M ke dalam gelas kimia yang lain. Panaskan hingga 10oC di atas suhu kamar (10oC di atas suhu percobaan pertama). Catat suhu itu. Letakkan gelas kimia ini di atas kertas bertanda silang, kemudian tambahkan 5 mL larutan HCl 2 M dan catat waktunya seperti di atas.

D. Hasil Pengamatan
Waktu yang diperlukan sejak penambahan HCl sampai tanda slang tidak terlihat:
  1. Suhu : 25oC Waktu : 15 detik
II. Suhu : 35oC Waktu : 8 detik


E. Pertanyaan
1. Bagaimanakah pengaruh suhu terhadap kecepatan reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl? Jelaskan sebabnya!
2. Banyak reaksi yang berlangsung dua kali lebih cepat jika suhu dinaikkan 10oC. Apakah hal seperti itu berlaku untuk reaksi larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl?

F. Jawaban
1. Semakin tinggi suhu pereaksi menyebabkan laju reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl semakin meningkat. Hal tersebut dikarenakan peningkatan suhu akan menaikkan energi rata-rata molekul, sehingga fraksi molekul yang mencapai energi pengaktifan bertambah.
2. Ya. Pada suhu awal, reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl berlangsung dalam waktu 15 detik. Sedangkan setelah suhu dinaikkan 10oC, reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl hanya berlangsung dalam waktu 8 detik saja. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah molekul pereaksi yang mencapai energi pengaktifan menjadi dua kali lebih banyak pada kenaikan suhu 10oC. Sehingga waktu yang diperlukan untuk melakukan reaksi pun menjadi dua kali lebih cepat daripada semula.

G. Kesimpulan
1. Semakin tinggi suhu pereaksi, laju reaksi akan semakin meningkat.
2. Semakin tinggi suhu pereaksi, energi rata-rata molekul semakin naik, sehingga fraksi molekul yang mencapai energi pengaktifan bertambah.
3. Reaksi antara larutan Na2S2O3 dengan larutan HCl akan berlangsung dua kali lebih cepat jika suhu dinaikkan 10oC.
4. Kesimpulan No. 3 di atas menunjukkan bahwa jumlah molekul pereaksi yang mencapai energi pengaktifan menjadi dua kali lebih banyak pada kenaikan suhu 10oC.



4 komentar: