Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Jumat, 18 Februari 2011

soal evaluasi TGT materi tekanan hidrosatatis&pascal

Seseorang bersepatu memiliki massa 50kg berdiri di atas lantai kayu. Lantai kayu memiliki daya tahan maximum 105 N/m2. Agar lantai itu tidak runtuh maka orang itu tidak boleh memakai sepatu dengan hak yang lebih kecil dari... m2
6. pada system yang Nampak pada gambar, silinder kanan L luas penampangnya 800 cm2 dan diberi beban 600kg. Pengisap kiri S, luas penampang 25 cm2 sedang beratnya dapat diabaikan. System diisi oli dengan massa jenis 0,8 g/cm3. Supaya system seimbang maka besar F adalah...


  1. Suatu gaya F menimbulkan tekanan P pada luas penampang lingkaran A. Jika diameter penampang diperbesar menjadi 2 kalinya maka tekanan yang ditimbulkan adalah....
7. mengapa dinding bendungan lebih tebal di bagian dasarnya daripada di bagian permukaannya?




  1. Seorang penyelam sedang meneliti ekosistem di laut, penyelam menyelam pada kedalaman 10 m di bawah permukaan air laut. Tentukan tekanan (dalam Pa) yang dialami penyelam tersebut, jika massa jenis air laut 1050 kg/m3!
8. paru-paru manusia biasanya dapat bekerja melawan beda tekanan yang lebih kecil dari seperduapuluh tekanan tekanan atmosfir standard. Jika Andi menyelam menggunakan sebuah pipa napas sehingga dia dapat bernapas di dalam laut, berapa dalamkah dia dapat menyelam di bawah permukaan air?
  1. Jika barometer yang digunakan Toricelli untuk mengukur tekanan udara di atas permukaan air laut diganti dengan air, maka tentukan ketinggian skala yang ditunjuk oleh air tersebut saat digunakan mengukur tekanan di tempat yang sama!
Massa jenis Hg=13600 kg/m3
Massa jenis air=1000 kg/m3
9. perkirakan selisih tekanan hidrostatis darah di antara otak dan kaki di dalam tubuh Dadang yang tingginya 165 cm. Anggap massa jenis darah 1,06 x 103 kg/m3!


  1. Sebuah mesin hidrolik dengan diameter pengisap kecil dan besar masing-masing 10 cm dan 1 m jika mobil dengan massa 1,5 ton tentukan besarnya gaya yang harus diberikan pada pengisap kecil harus lebih dari..... N/m2 agar mobil dapat terangkat!
10. sebuah manometer U yang berisi raksa digunakan untuk mengukur tekanan gas. Tinggi raksa dalam tabung yang terbuka adalah 600 mm lebih tinggi dari tabung U yang dihubungkan ke tangki gas. Berapa besar tekanan gas itu (dalam Pascal)? Massa jenis raksa = 1,36x104 kg m-3, tekanan atmosfir = 1,01x105 Pa


Tidak ada komentar:

Posting Komentar