Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)
Ada kesalahan di dalam gadget ini

The Daily Puppy

Jumat, 18 Februari 2011

Tokoh-tokoh yang melakukan perlawanan



a.Thomas matulessi atau pattimura
Pattimura dilahirkan di Hiria maluku pada tahun 1783. Pada tanggal 16 mei 1817 dibawah pimpinan pattimura rakyat rakyat maluku berhasil melumpuhkan belanda. Kekalahan itu menyebabkan belanda mengirim pasukan yang lebih banyak dan karena kekuatan tidak seimbang pasukan pattimura terdesak dan akhirnya tertangkap.
b.Tuanku imam bonjol
Nama aslinya adalah peto syarif,ia disebut imam bonjol karena ia tinggal di bonjol.ia di lahirkan pada tahun 1772. pada abad 19 di minangkabau terjadi perselisihan antara kaum paderi dan kaum adat dan imam bonjol muncul sebagai pemimpin kaum paderi dan kaum adat terdesak dan akhirnya meminta bantuan pada Belanda dan akhirnya belanda dapat menguasai tempat itu tetapi lama kelamaaan kaum paderi dan kaum adat bersatu melawan belanda dan belanda menyerang tempat kaum itu dan pada tanggal 25 oktober 1837 imam bonjol tertangkap dan gugur pada tahun 1864.
c.Pangeran Diponegoro
pangeran diponegoro dilahirkan pada tanggal 11 november 1785 . dibawah pimpinan diponegoro rakyat menyatan perang terhadap belanda. Perlawanan yang dilakukan pangeran diponegoro membuat belanda terdesak dan mengalami banyak korban,dan karena perlawanan yang dilakukan diponegoro sangat sulit di taklukan sehingga belanda menggunakan cara licik dengan mengadakan perundingan dan pada perundingan itu pangeran diponegoro ditangkap dan wafat pada tanggal 8 januari 1855.
\

\d.pangeran antasari dan pangeran hidayat
Pada tahun 1859 dibawah pimpinan pangeran antasari rakyat berjuang melawan belanda.Rakyat berhasil menyerang pos-pos pertahanan belanda. Pangeran antasri dibantu oleh pangeran hidayat tetapi pada tahun 1862 pangeran hidayat tertangkap.dan pada tanggal 11 oktober 1862 pangeran antasari wafat karena terserang penyakit cacar.
e.ketut gusti jelantik
perlawanan ketut gusti jelantik membantu raja buleleng rakyat bali menyerang belanda dan karena serangan itu belanda terpaksa mengerahkan pasukan secara besar besaran. Setelah pertempuran berhari hari akhirnya ketut gusti jelantik terdesak dan benteng jaga raga jatuh ditangan belanda.
f.Sisingamangaraja XII
dibawah pimpinan sisingamangaraja XII rakyat angkat senjata melawan belanda.pada tahun 1978 belanda menyerang daerah tapanuli tetapi serangan ini dapat digagalkan oleh rakyat tapanuli.Pada tahun 1907 pasukan belanda menyerang pusat pertahanan sisingamangaraja XII di Pak-pak. dan sisingamangaraja XII gugur sebagai kusuma bangsa pada tanggal 1 juni 1907.
g. teuku umar
teuku umar adalah salah satu rakyat yang melawan belanda .Pada tahun 1893 teuku umar berpura-pura menyerah kepada belanda dan ia dia diangkat sebagai panglima leguin yang memimpin 250 prajurit dan diberi tambahan senjata dan setelah teuku umar merasa sudah kuat ia berbalik menyerang belanda dan belanda merasa kesulitan .dan akhirnya belanda juga menggunakan siasat seperti yang dilakukan teuku umar untuk mencaritahu pertahanan aceh dan rencananya berhasil dan pada tahun 1899 belanda melakukan penyerangan dan teuku umar gugur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar