Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Jumat, 18 Februari 2011

PEMBENTUKAN BPUPKI & PPKI


  1. Pembentukan BPUPKI

Pada tanggal 1 maret 1945 mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (dokuritsu junbi cosakai), dr. K.R.T. Radjiman wedyodiningrat ditunjuk sbg ketua BPUPKI & R.P Suroso sbg wakil ketua. BPUPKI 28 mei 1945 diresmikan & sekaligus dilangsungkan upacara persiapan BPUPKI di gedung Cuo Sangi In, jalan pejambon Jakarta (sekarang departemen luar negeri).

  1. Sidang pertama BPUPKI (29 mei 1945-1 juni 1945)
Dalam rapat 1 juni 1945, nama yang diilih untuk dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Dibentuk pula panitia kecil yang beranggotakan 9 orang disebut panitia 9. Diketuai oleh Ir. Soekarno, tugas panitia 9 adalah menyusun rencana Pembukaan Undang-Undang Dasar.
Rumusan dasar negara yang dihasilkan panitia 9 adalah:

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam
  2. (Menurut) dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. (Dan) kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakikilan
  5. (Serta mewujudkan sesuatu) keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Rumusan dasar negara dihasilkan panitia sembilan oleh Mr. Yamin disebut “Piagam Jakarta”

  1. Sidang kedua BPUPKI (10 juli1945-16 juli 1945)

Membahas Undang-undang dasar menetapkan bahwa bentuk negara Indonesia adalah Republik dan wilayah negara Indonesia yakni seluruh wilayah kepulauan Indonesia yang semula wilayah kekuasaan hindia Belanda. Sebelum sidang BPUPKI berakhir, Panitia perancang UUD melaporkan hasil dari sidang yaitu:

  1. Pernyataan Indnesia Merdeka
  2. Pembukaan undang-undang dasar
  3. UUD itu sendiri dan batang tubuh


  1. Pembukaan PPKI

6 Agustus 1945 hirosima dibom oleh Amerika serikat, pada tgl 7 agustus diumumkan pembentukan PPKI atau (dokuritsu junbi inkai) brjumlah 21 orang. 9 agustus 1945 nagasaki dibom oleh Amerika serikat, akibat pengeboman itu jepang makin tidak berdaya. Rombongan pemimpin nasiona Indonesia berangkat ke dalat Vietnam 9 agustus 1945. Jenderal besar terauchi menyatakan bahwa pemerintah Jepang memutuskan untuk memberi kemerdekaan kepada Indonesia. Tgl 12 Agustus 1945, Jenderal besar Terauchi menyampaikan hal-hal sbg berikut:

  1. Pemerintah jepang memutuskan memberikan
    kemerdekaan kepada Indonesia
  2. Untuk melaksanakan kemerdekaan dibentuk PPKI
  3. Pelaksanaan kemerdekaan segera dilakukan setelah persiapan selesai dilakukan & secara berangsur2 dari pulau Jawa baru disusul oleh pulau lainya
  4. Wilayah Indonesia akan meliputi seluruh bekas wilayah Hindia Belanda




Tidak ada komentar:

Posting Komentar