Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Kamis, 08 Maret 2012

Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar



ISBD                       : SUATU KAJIAN TENTANG MASALAH SOSIAL –BUDAYA YANG DIHARAPKAN AGAR MAHASISWA MEMILIKI RASA KEMANUSIAAN , MENJUNJUNG TINGGI NILAI-NILAI KEMANUSIAAN SECARA UNIVERSAL.

Mata termasuk kelompok : MATA KULIAH BERKEHIDUPAN BERMASYARAKAT (MBB)
Berdasarkan kurikulum 2002/2003 yang ditetapkan dalam Keputusan Mendiknas No.232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa , Kepmendiknas Nomor 045/U/2002.

Kepmendiknas No.232/U/2000 antara lain menetapkan bahwa :
1.       Kurikulum Inti merupakan kelompok bahan kajian dan pelajaran yang harus dicakup dalam satu program studi yang dirumuskan dalam kutrikulum yang berlaku secara nasional (Ps.7 ayat 2).
2.       Kurikulum inti terdiri atas kelompok (MPK, MKK,MKB,MPB dan MBB) sebagai persyaratan minimal yang harus dicapai peserta didik dalam penyelesaian suatu program studi.

Struktur kurikulum Pendidikan Tinggi Indonesi berubah pada tahun 2000 dari kurikulum nasional dan kurikulum local menjadi Kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional.

Komponen MBB yang wajib diasuh dalam setiap program studi dan berlaku secara nasional bertujuan :
-          Mengantarkan mahasiswa mengembangkan kemampuan secara penguasaan tentang :
1`. Keanekaragaman , kesederajatan dan kemartabatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial di dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpedoman kepada kebudayaan melalui pranata pendidikan, serta,
2. Tanggungjawab manusia terhadap sumberdaya alam dan lingkungannya dalam berkehidupan bermasyarakat baik secara nasional, maupun global, yang membatasi tindak kekaryaan seseorang sesuai dengan kompetensi keahliannya.
Paradigma baru sistem pendidikan tinggi Indonesia yang mengibah latar berlakang filosofis serta metodologi proses pembelajaran.

Mulai tahun akademik 2002/2003 diberlakukan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) bagi seluruh program studi di Perguruan Tinggi Indonesia.

KBK menekankan kejelasan hasil didik pendidikan tinggi sebagai seseorang yang menguasai :
1.       ILmu Pengetahuan dan Ketrampilan tertentu.
2.       Penerapan Ilmu Pengetahuan dan ketrampilan dalam bentuk kekaryaan.
3.       Sikap berkarya.
4.       Hakikat dan kemampuan dalam berkehidupan bermasyarakat dengan pilihan kekeryaan.
5.       Nilai-niolai dasar agama, budaya serta kesadaran berbangsa, bernegara, untuk menjadi pedoman bagi penyelenggaraan program studi dalam mengantarkan mahasiswa menghembangkan kepribadiannya.

KOMPETENSI ISBD
Para lulusan  Perguriuan Tinggi diharapkan :
1.       Menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman , kesederajatan dan kemartabatan manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosila dalam berkehidupan bermasyarakat.
2.       Memahami dan menghjormati estetika, etika dan nilai-nilai budaya yang menjadi pedoman bagi keteraturan dan kesekahteraan hidup dalam menata hidup kebersamaan dalam masyarakat.

Metode dan Evaluasi
1.Metode
Proses pembelajartan ISBD diharapkan pada strudent oriented dsengan menggunakan metode antyara lain: ceramah, diskusi, role playing , penelitian: sosial budaya , pentas kreativitas dan apresiasi seni budaya, kolaborasi, problem solving , dll
2.Evaluasi.
a. Bentuk Evaluasi : Ujian Tulis,Lisan dan penulisan tugas
b. Jenis Soal : Esai , lisan, penulisan tugas individu, kelompok
c. Pelaksanaan Evaluasi.
Pertanyaan lisan , UTS, UAS, penyajian makalah individu dan kelompok, tugas lapangan ( peninjaun ke museum, wawancara, riset sosial, observasi), penilaian kreativitas mahasiswa.

MENGAPA ISBD DIBERIKAN DI PERGURUAN TINGGI?
1.       Latar Belakang Historis.
ISBD adalah peerpaduan anatara IBD (Ilmu Budaya Dasar) dan ISD (Ilmu Sosial Dasar)
Berdasarkan Kelompok Ilmu Pengetahuan dibagi 3 yaitu:

a.       Kelompok Ilmu Alam (Biologi, Fisika, dll)
b.      Kelompok Ilmu Sosila (Sosiologi, Hukum, Ekonomi,Politik, dll)
c.       Kelompok Ilmu Humaniora (Filsafat, Sejarah, Kebudayaan, Antropologi Budaya,dll)

Mata Kuliah Umum (dahulu MKDU-MKU) a.l
1.       Ilmu Alamiah Dasar
2.       Ilmu Sosial Dasar
3.       Ilmu Budaya Dasar

Ketiga matakuliah tersebut bukan sebagai “Body of Knowledge” tetapi suatu pengetahuan/kajian tentang : Masalah alam, masalah social, masalah budaya dengan memakai pendekatan dari Ilmu-Ilmu Alam, Ilmu-Ilmu Sosil, dan Pengetahuan Budaya sasuai dengan  mata kuliah tersebut (IAD, ISD, IBD)

Oleh karena itu mahasiswa dari : Fakultas Teknik, Peternakan (Kelompok Eksakta) tidak mendapatkan mata kuliah ILMU ALAMIAH DASAR, tetapi mendapatkan mata kuliah ISD dan IBD.
Mahasiswa dari FISIP,EKONOMI, tidak mendapatkan matya kuliah ILMU SOSIAL DASAR , tetapi mata kuliah : ILMU ALAMIAH DASAR dan ILMU BUDAYA DASAR.
Mahasiswa dari FAKULTAS SASTRA (FAKULTAS ILMU BUDAYA) , tidak mendapatkan mata kiuliah ILMU BUDAYA DASAR . tetapai mendapatkan mata kuliah ILMU SOSIAL DASAR dan ILMU ALAMIAH DASAR.

SEKARANG : Mahasiswa kelompok EKSAKTA mendapkan mata kuliah : ISBD
Dan mahasiswa Kelompok ILmu Sosial dan  Humaniora (Hukum, FISIP, EKONOMI, FIB) mendapatkan mata kuliah ILMU ALAMIAH DASAR.

Diharapkan dengan tambahan mata kuliah tersebut mahasiswa agar dapat berkomunikasi dengan mahasiswa di luar bidang studinya, sehingga apabila mahasiswa melakukan penelitian, KKN dapat memecahkan masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh masyarakat dengan latar belakang budaya yang berbeda.

Hal ini sejalan dengan Tujuan Mata Kuliah ISBD , yaitu :

1.       Agar mahasiswa mempunyai minat kebiasaan untuk menyelidiki segala sesuau yang terjadi dalam lingkungan hidup masyarakat.
2.       Agar mahasiswa mempunyai kesadaran atas nilai-nilai yang dianut dan kesadaran tentang bagaimana huibungan antara nilia-nilai tersebut dalam masyarakat.
3.       Keberanian untuk menerima dan mempertahankan nilai-nilai yang bnaik dan berani menolak 
Nilai-nilai yang negatif baik darti lingkungan, kebudayaan, diri sendiri maupun kebudayaan asing.

Berdasarkan Visi, MIsi dan Tujuan ISBD
Visi : Berkembangnya mahasiswa sebagai kaum terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman , kesederajatan dan kemartabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
Misi: Memberikan landasan dan wawasan yang luas , serta menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman, kesederajatan dan kemartabatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk sosial yang beradab serta bertanggungjawab terhadap sumberdaya manusia dan lingkungannya.





<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar