Welcome~ :)

Blog ini adalah sekumpulan coretan yang dihimpun pada masa sekolah dan--semoga--masa kuliah. Bila berkenan, tinggalkan komentar berisi saran yang berguna untuk kemajuan blog ini.
Semoga blog ini banyak memberi manfaat :)

Selasa, 08 Februari 2011

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI
Kelas/Semester : VI/1
Alokasi Waktu : 2 x pertemuan @ 35 menit

Standar Kompetensi : 1. Menghargai nilai-nilai juang dalam proses perumusan
Pancasila sebagai dasar negara.

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses
perumusan Pancasila sebagai dasar negara.

Indikator : – Menjelaskan sejarah proses perumusan Pancasila.
– Menjelaskan lahirnya istilah Pancasila.
– Menjelaskan pelaksanaan sidang BPUPKI.
– Menyebutkan rumusan Pancasila yang sah.
– Mengetahui Piagam Jakarta

I. Tujuan Pembelajaran
– Menjelaskan sejarah proses perumusan Pancasila.
– Bercerita lahirnya istilah Pancasila.
– Bercerita peristiwa sidang BPUPKI.
– Menyebutkan rumusan Pancasila yang sah.
– Menyebutkan isi Piagam Jakarta.

II. Materi Pokok Pembelajaran
Sejarah Perumusan Pancasila

III. Metode Pembelajaran
– Diskusi
– Ceramah
– Penugasan
– Pengamatan
– Peragaan

IV. Langkah Kegiatan

Pertemuan Ke-1

Judul materi pelajaran: sejarah perumusan Pancasila.

Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi
b. Guru menginformasikan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik.
1) Tahukah kamu bunyi ”Pancasila”?
2) Kapan Pancasila itu ada?
3) Siapakah yang menciptakan Pancasila?
4) Bagaimana proses perumusan Pancasila?
b. Guru menceritakan sejarah perumusan Pancasila.
c. Peserta didik mendengarkan secara saksama.
3. Kegiatan Akhir
Guru bersama peserta didik membuat simpulan dari materi yang dibahas.

Pertemuan Ke-2

Judul materi pelajaran: sejarah perumusan Pancasila.

Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi
b. Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang lalu.
c. Guru menginformasikan materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru membagi peserta didik menjadi tiga kelompok.
1) Kelompok I dinamakan ”Muh. Yamin” mendiskusikan tentang rumusan
dasar negara yang dikemukakan Muh. Yamin.
2) Kelompok II dinamakan ”Supomo” mendiskusikan tentang rumusan
dasar negara yang dikemukakan Supomo.
3) Kelompok III dinamakan ”Sukarno” mendiskusikan tentang rumusan
dasar negara yang dikemukakan Sukarno.
b. Hal yang didiskusikan, antara lain pendapat kelompok bersama seluruh
peserta didik, kemudian disimpulkan.
3. Kegiatan Akhir
Guru meminta peserta didik mengerjakan tugas dari buku.

V. Alat dan Sumber Belajar
– Buku Pendidikan Kewarganegaraan SD dan MI Kelas VI
– Buku Sejarah Nasional Indonesia Jilid VI
– Buku yang relevan
– Gambar yang relevan

VI. Penilaian
– Tes lisan
– Tes tertulis
– Skala sikap
Contoh bentuk instrumen penilaian (tes tertulis)
KTSP Kewarganegaraan SD 6 R1 11
Silanglah jawaban yang benar!
1. Rumusan Pancasila yang dipakai sampai sekarang adalah ....
a. rumusan Mr. Muhammad Yamin
b. rumusan Piagam Jakarta
c. rumusan Ir. Soekarno
d. rumusan Pembukaan UUD 1945
2. Semua bentuk penjajahan di muka bumi harus dihapuskan karena tidak sesuai
dengan ....
a. perjanjian dan peraturan
b. persatuan dan kesatuan
c. perikamanusiaan dan perikeadilan
d. kesepakatan bersama
3. PPKI menetapkan UUD 1945 sebagai konstitusi RI pada tanggal ....
a. 16 Agustus 1945
b. 17 Agustus 1945
c. 18 Agustus 1945
d. 19 Agustus 1945
4. Di bawah ini adalah nama-nama tokoh yang mengemukakan pendapatnya
tentang dasar negara, kecuali ....
a. Mr. A.A. Maramis
b. Prof. Dr. Mr. Supomo
c. Mr. Muh. Yamin
d. Ir. Soekarno
5. Ketua BPUPKI adalah ....
a. Radjiman Wedyodiningrat
b. Ir. Sukarno
c. Moh. Hatta
d. Muh. Yamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar